image

4 Hal Yang Akan Membuat Kerja Lebih Produktif

Terkadang kita memang memiliki semangat kerja yang naik turun. Tentunya ini akan sangat berpengaruh terhadap pekerjaan yang sedang kamu kerjakan. Nah agar suasana hati tetap semangat untuk menyelesaikan pekerjaan dengan baik, ikuti tips berikut ini.

1. Beri Waktu untuk Diri Sendiri Kapan sebaiknya Mengerjakan Tugas

Saat sudah berada di kantor, usahakan anda fokus pada tugas-tugas di pekerjaan anda. Jika memang saat mengerjakan tugas, Anda mudah terganggu dengan bunyi smartphone Anda atau teman kerja yang biasanya sering mengajak mengobrol, Anda bisa katakan padanya bahwa Anda sedang mengerjakan tugas kantor terlebih dulu dalam waktu beberapa jam ke depan, dan smartphone dimatikan untuk sementara waktu.

Buatlah daftar tugas apa saja yang harus anda selesaikan hari ini dengan membuat daftarnya di dalam file word. Kemudian anda tetapkan waktu untuk mengerjakan tugas tersebut, agar bisa selesai. Biasanya, tugas untuk mengetik dan menganalisis tugas kantor memerlukan waktu kurang lebih 3 jam.

Setelah selesai tengok kembali list tugas di file word tadi, dan bandingkanlah, apakah waktu yang ditetapkan di awal untuk mengerjakan tugas, sama persis dengan waktu kenyataanya, lalu Anda lihat tugas mana yang paling dulu cepat diselesaikan.

2. Mulailah Membuat List Apa Saja yang Harus Dikerjakan Disetiap Harinya

Buat list pekerjaan atau tugas mana saja yang harus dikerjakan terlebih dulu. Jangan sampai pada waktunya Anda mengerjakan tugas yang mudah, lalu yang agak sulit sehingga waktu tidak cukup untuk menyelesaikanya, dan yang terjadi tugas anda menumpuk, sehingga esok harinya Anda juga akan mengulangi hal yang sama.

Buat list dengan menarik pandangan Anda. Misalnya buat list pekerjaan apa yang harus dikerjakan dan selesai hari ini, dalam sebuah kertas berwarna, dan bisa ditempelkan di layar komputer. Dengan begitu, kapanpun Anda lengah bisa lansung kembali fokus untuk mengerjakan pekerjaan kembali.

3. Mendengarkan Musik Sesuai Pekerjaanmu

Bukan untuk menyuruh Anda untuk mendengarkan musik dan melupakan pekerjaan anda di kantor, namun maksud dari mendengarkan musik ini hanyalah, ketika sedang mengerjakan tugas pekerjaan dan tiba-tiba merasa bosan, namun tidak mungkin juga harus keluar kantor saat pekerjaan masih menumpuk.

Anda bisa menyesuaikan musik yang anda dengarkan, agar memberi efek semangat. Sejak masuk kantor, sebelum anda memulai mengerjakan tugas kantor anda, anda bisa mendengarkan musik yang tidak terlalu kencang, bukan lagu disko, melainkan musik yang bisa membuat tenang, seperti lagu jazz misalnya. Mungkin lagu yang bergenre jazz akan membuat anda lebih santai dan rileks sebelum mulai mengerjakan pekerjaan.

Saat pekerjaan meningkat ke tahap yang memerlukan tenaga dan pikiran yang lebih ekstra seperti data entry dan melakukan penghitungan, jangan mendengarkan musik dengan genre metal atau yang beraliran keras, karena akan mengganggu konsentrasi. Cukup dengarkan musik yang bergenre up beat, untuk menambah semangat.

4. Buat Rencana, Apa yang akan Dilakukan selama Jam Istirahat

Saat mata sudah terlalu lelah menatap layar komputer untuk waktu yang cukup lama, sudah waktunya untuk beristirahat terlebih dulu. Bekerja untuk waktu 12 Jam secara terus menerus tanpa beristirahat tentu saja tidak akan produktif. Anda bukan sebuah mesin yang bisa terus bekerja semau pemiliknya, Anda pasti akan merasa jenuh.

Setelah berada di jam istirahat, mungkin Anda akan membuka gadget dan melihat sosial media. Untuk melihat sosial media, biasanya memerlukan waktu yang cukup lama, fokus Anda akan terus tertuju pada sosial media tersebut, dan tidak akan bisa rileks saat berada di jam istirahat.

Anda bisa melakukan hal-hal yang dapat memulihkan konsentrasi dan semangat saat kembali bekerja setelah istirahat. Contohnya dengan melakukan olahraga ringan seperti stretching di kantor, atau membuat kopi dan memakan snack favorit. Anda juga bisa tidur siang untuk waktu yang singkat, agar setelah bangun, mata anda akan segar kembali, dan siap menatap layar komputer untuk kembali bekerja lagi.

leave your comment


Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Uploading