image

Enam Tips Ampuh Hadapi Tes SKD CPNS

CPNS kembali dibuka tahun ini. Seperti biasanya, tes CPNS menjadi momen penting bagi mereka yang ingin bekerja sebagai PNS. Posisi yang dirasa aman untuk masa depan. Siapa sih yang nggak pengin punya penghasilan tetap? Belum lagi ditambah tunjangan dan dana pensiun. Cocok buat kita-kita yang menyukai kestabilan pendapatan. Makanya tidak heran jika banyak yang memanfaatkan momen ini dengan usaha yang maksimal.

Banyak peserta CPNS yang mempersiapkan diri dari jauh-jauh hari. Berikut beberapa tips yang bisa kamu pakai agar dapat lolos SKD. Yuk, simak apa aja tipsnya.

Latihan Soal

Ini menjadi poin penting agar kamu siap menghadapi tes SKD. Dengan sering berlatih mengerjakan soal, kamu akan merasa terbiasa dan akan menambah rasa percaya dirimu ketika nanti mengerjakan soal-soal SKD. Salah satu cara agar belajarmu lebih terarah bisa dengan mengikuti tryout. Sekarang ini sudah banyak lembaga yang menyediakan tryout gratis hingga berbayar. Meskipun penyelenggaraan tryout tidak berkaitan dengan BKN, tapi mengikuti tryout tidak ada ruginya. Semakin banyak kamu mengerjakan soal, kamu akan semakin terbiasa dengan berbagai tipe soal. Selain itu, kamu juga akan bisa memprediksi materi apa saja yang sekiranya akan keluar dalam tes. Tentu ini akan sangat membantu untuk mendapatkan skor yang tinggi. Ingat pepatah “practice make perfect”.

Baca Soal dengan Teliti

Tidak perlu terburu-buru dalam membaca soal ujian. Ini kesalahan yang sering dilakukan peserta ujian. Membaca soal dengan terburu-buru hingga tidak menangkap apa yang dimaksud dalam pertanyaan. Alhasil, mereka tidak bisa menjawab soal tersebut. Bagaimana mau menjawab  pertanyaan jika tidak tahu apa yang ditanyakan? Akhirnya, peserta harus membaca soalnya kembali bahkan berulang kali. Ini tentu akan merugikan peserta karena banyak waktu yang terbuang hanya untuk membaca soal. Membaca soal dengan tenang akan membuat kita cepat memahami pertanyaan. Kamu harus teliti dan jeli dengan soal yang kamu hadapi.

Tinggalkan Soal yang Sulit

Dalam mengerjakan ujian, kita dituntut untuk memiliki manajemen waktu yang baik. Jika kamu menemui soal yang dirasa sulit, lebih baik kamu tinggalkan terlebih dahulu. Kamu bisa mengerjakan soal selanjutnya atau soal yang kamu anggap mudah. Jangan terpaku lama pada satu soal. Nah, jika sudah sampai pada soal terakhir, kamu bisa mengerjakan kembali soal yang tadi kamu anggap sulit. Dengan begitu, kamu tidak membuang-buang waktu dengan percuma.

Kerjakan dengan Tenang

Nervous sudah menjadi hal biasa dalam ujian. Perasaan ini sering membuat kita tidak fokus hingga melewatkan hal-hal kecil yang penting. Apalagi tes SKD ini hanya diberikan waktu 90 menit. Kamu harus belajar tenang dan menguasai keadaan. Kerjakan tesmu dengan tenang agar semua pertanyaan dapat kamu jawab dengan baik. Jangan sampai sudah belajar dari lama, tapi ketika ujian malahan nge-blank. Akhirnya, menyesal dikemudian hari karena skor nggak maksimal.

Jangan Ada Jawaban Kosong

Tips satu ini penting untuk dicatat dan diterapkan ketika ujian. Jangan sampai ada jawaban kosong. Usahakan semua jawaban kamu isi. Meskipun ada beberapa soal yang mungkin kamu tidak tahu jawabannya, usahakan semua kamu isi tanpa terlewat. Meskipun harus mengeluarkan jurus mengarang bebas, haha. Yang perlu kamu tahu adalah sistem penghitungan skor dalam CAT.  Tidak ada pengurangan nilai jika salah menjawab. Untuk TIU dan TWK jawaban benar bernilai 5 dan salah bernilai 0. Adapun dalam TKP memiliki nilai 1-5, artinya apapun jawabanmu akan mendapat skor minimal 1 poin. Jadi, setelah selesai mengerjakan soal, jangan lupa periksa lagi jawabanmu sebelum submit.

Minta Doa dari Orang Tua

Poin paling penting dalam ujian adalah meminta restu kepada kedua orang tua. Tentunya kita sudah tidak asing lagi dengan pepatah, “Ridha Allah SWT ada pada ridha kedua orang tua”. Oleh karena itu, alangkah lebih baiknya jika sebelum berangkat menuju lokasi ujian, kita meminta doa kepada kedua orang tua.

Nah, itu tadi enam tips yang bisa kamu terapkan ketika menghadapi SKD CPNS. Yang terpenting kalian yakin dan jangan lupa berdoa sebelum mengerjakan ujian. Selamat mencoba.

leave your comment


Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Uploading