image

Tips Agar Betah di Tempat Kerja

Tips Agar Betah di Tempat Kerja – Permasalahan yang sering muncul setelah mendapat pekerjaan adalah tentang bagaimana kita bertahan di sebuah perusahaan. Ada kalanya, sudah susah mencari pekerjaan tapi setelah dapat pekerjaan malah hanya bertahan satu dua bulan saja. Terdengar ironi memang, akan tetapi itu fakta yang terjadi di lapangan. Hal ini biasanya dipicu karena asal melamar saja, tanpa memperhitungkan hal lain di luar pekerjaan yang dia lamar.

Selain permasalahan di atas, ada juga permasalahan lain seorang karyawan, yaitu bosan. Rutinitas yang itu-itu saja tentu akan terasa membosankan jika dijalani setiap hari dan dalam waktu yang lama. Pada akhirnya hanya bertahan 1 tahun dan mencari perusahaan lain. Mulai merintis karir dari awal lagi. Tentu kamu tidak ingin hal-hal di atas terjadi sama kamu kan?

Berikut beberapa tips agar kamu betah di pekerjaan yang sudah kamu dapatkan. Yuk, simak apa saja tipsnya.

Bekerja sesuai passion

Sebelum melamar pekerjaan, cobalah untuk mencari tahu lebih dalam tentang perusahaan yang akan kamu lamar. Apakah sesuai dengan bidang yang kamu tekuni atau tidak. Pasalnya, ketika kamu bekerja di bidang yang sesuai passionmu, kamu akan memiliki semangat lebih. Tidak semata-mata bekerja hanya untuk gaji. Tentunya kamu tidak ingin bekerja di bidang yang bukan passion-mu bukan? Keuntungan yang bisa kamu dapatkan ketika bekerja di bidang yang sesuai passion-mu adalah sebagai berikut.

  1. Cepat menyesuaikan diri dengan ritme kerja perusahaan
  2. Memiliki semangat yang tinggi dalam bekerja
  3. Dapat mengembangkan diri setiap harinya
  4. Mendapat kepuasan batin
  5. Terhindar dari stress dan depresi

Pilih perusahaan dengan vibes positif

Salah satu faktor yang bisa kamu membuat kamu betah kerja  bertahun-tahun di suatu perusahaan adalah lingkungan kerja. Tidak bisa dipungkiri bahwa lingkungan kerja sangat mempengaruhi kinerja karyawan. Selain membuat betah, lingkungan yang positif tentu akan membuat kinerja karyawan semakin baik setiap harinya. Hal tersebut bisa kamu manfaatkan untuk menggali dan mengembangkan potensi diri.

Untuk itu, penting bagi kamu yang sedang mencari pekerjaan untuk melihat track record sebuah perusahaan sebelum melamar. Jika perusahaan tersebut sering membuka lowongan dengan posisi yang sama, bisa dipastikan jika perusahaan tersebut memiliki masalah di pengelolaan SDM hingga sering gonta-ganti karyawan.

Jangan menganggap pekerjaan sebagai beban

Ketika kamu berangkat bekerja, cobalah untuk menanam di pikiranmu bahwa kamu tidak sedang berangkat bekerja, akan tetapi kamu sedang “mengembangkan diri” lagi dan lagi. Setiap harinya kamu akan lebih baik dari hari sebelumnya. Setiap harinya kamu akan selangkah lebih dekat dengan tujuan dan cita-citamu. Jika sudah begitu, kamu tidak akan menganggap bahwa pekerjaanmu adalah suatu beban.

Nah, itu tadi beberapa cara yang bisa kamu pakai agar betah di tempat kerja. Karena sebenarnya tidak baik juga jika kamu terlalu sering pindah-pindah perusahaan. Akan lebih banyak keuntungan  yang bisa kamu dapatkan dengan bertahan di tempat kerjamu. Berikut beberapa di antaranya:

Jenjang Karir

Dengan menekuni profesimu, peluang untuk naik jabatan akan semakin besar. Tentu saja itu semua karena skill dan pengalaman yang sudah kamu dapatkan selama berada dalam posisi tersebut. Dan hal itu mustahil kamu dapatkan jika sering berpindah pekerjaan.

Kenaikan Gaji

Ketika jenjang karirmu naik, tentu akan diimbangi dengan kenaikan gaji pula. Berbeda jika kamu berpindah perusahaan. Kebanyakan mereka yang berpindah pekerjaan akan memulai semuanya dari nol lagi. Harus magang selama 3 bulan terlebih dahulu sebelum mendapatkan gaji secara full.

Personal Branding

Personal branding termasuk poin penting dalam jejak karirmu. Bagaimana tidak? Misalnya saja kamu bekerja di perusahaan marketing. Orang-orang yang mengenalmu tentu akan langsung menghubungimu jika mereka membutuhkan seorang marketing profesional.

Kematangan Skill

Dengan banyaknya permasalahan yang sudah kamu hadapi, tentu itu menjadi sebuah pelajaran berharga. Skill-mu juga tentu saja sudah tidak perlu diragukan lagi. Kamu akan memiliki skill problem solving yang baik dalam bidang yang kamu tekuni tersebut.

leave your comment


Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Uploading